Kamis, 31 Januari 2013

Jam Unik ala Sahabat Soul-Mate-Matika

Kenapa dibilang unik, karena setiap angkanya terdiri dari tiga buah angka 9. Kita bisa mendesainnya sendiri jika kita mau. Nantinya kita serahkan desain kita ke tukang atau orang yang biasanya mengotak-atik jam. Jam ini cukup unik menandakan bahwa pemiliknya sangat Cinta Matematika Hohoho... ^^

Perhatikan bahwa angka-angkanya masing-masing terdiri dari tiga buah angka 9.
1 = (√9 x √9)/9
2 = (9 + 9)/9
3 = (√9) + 9 – 9
4 = (√9) + (9/9)
5 = (√9)! – (9/9)
6 = 9 – (9/√9)
7 = (√9)! + (9/9)
8 = 9 – (9/9)
9 = 9(9/9)
10 = 9 + (9/9)
11 = 99/9
12 = 9 + (9/√9)
(Untuk melihat gambarnya bisa dilihat di Foto GRUP)

Cukup aneh mungkin bagi yang baru melihatnya. Tetapi bagaimanapun jam adalah jam. Letak angka 12 ada di atas dan letak angka 6 ada di bawah. Bahkan sebagian orang hanya melihat pada jarum jam. Mereka mengabaikan angkanya. Dengan kebiasaan-kebiasaan yang ada pada jam, jika menunjuk ke atas berarti ke arah 12. Sekitar jam dua belas lebih atau kurang.
Jika jam seperti ini dipasang di ruang depan (ruang tamu), mungkin setiap orang yang masuk rumah tersebut akan berkomentar tentang jam aneh tersebut. Meskipun kelihatannya jam ini cukup aneh, tetapi nilainya benar. Angka yang ditunjukan adalah benar, hanya saja kita perlu melakukan perhitungan untuk mendapatkan nilai pada jam tersebut.
Uniknya lagi dari jam ini adalah operasi yang digunakan juga sangat bervariasi. Ada penjumlahan, pengurangan, pembagian, bentuk akar, pangkat dan bahkan ada notasi factorial. Banyak macam operasi yang digunakan sehingga jam ini semakin terlihat Mathematics.
Semoga Jam Unik tersebut bisa menginspirasi Anda bahwa matematika itu unik dan menyenangkan (^_^).

Disalin Sepenuhnya dari SOUL-MATE-MATIKA


0 komentar:

Posting Komentar