Senin, 18 Februari 2013

Bongkar Pasang Kopling

Kali ini aku menulis posting tentang Cara Bongkar Pasang Kopling, karena saya sekarang sedang PKL (Praktek Kerja Lapangan) taua orang lain menyebutnya dengan istilah Magang. Dan disana ku disuruh bongkar pasang plus perbaikan Sistem Kopling.



Untuk Bongkar Pasang Kopling dan mungkin disertai dengan perbaikannya, silakan baca artikel atau tulisan dibawah ini.


ALAT-ALAT

1. Kunci ring/pas 12 dan 14.
2. Kunci T 12.
3. Obeng min/negatif.
4. Palu.


KESELAMATAN KERJA

* Gunakanlah pakaian praktek sewaktu bekerja.
* Jangan bergurau di saat kerja.
* Gunakan alat dan bahan sesuai dengan fungsinya.
* Telitilah di saat bekerja tak salah.


LANGKAH PEMBONGKARAN

1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk pembongkaran.
2. Longgarkan baut penahan transmisi dengan blok silinder.
3. Lepaskan baut-bautnya.
4. Angkat transmisi sambil digoyang-goyang dan tarik transmisi sampai keluar.
5. Setelah keluar lihatlah kopling yang terdapat pada rumah kopling tersebut.
6. Setelah itu longgarkanlah baut yang terdapat di seluruh rumah kopling tersebut.
7. Setelah dilonggarkan, maka bukalah baut-baut tersebut.
8. Setelah terlepas baut-bautnya, lepaskanlah kopling dari sarangnya.
9. Bersihkan kain kopling tersebut dengan menggunakan kain lap.
10. Setelah itu periksalah kain kopling tersebut apakah masih layak pakai atau tidak.


PEMERIKSAAN Dan PERBAIKAN

1. Periksalah ketebalan (kain klos) apa bila klos sudah terlalu tipis atau melampaui batas yang sudah di tetapkan maka sebaiknya harus di ganti.
2. Periksalah rumah kopling apakah gigi-gigi matahari atau pegas matahari masih dapat berfungsi dengan baik atau tidak.
3. Periksalah bantalan pembebas kopling apakah masih dapat berfungsi dengan baik atau tidak.


LANGKAH PEMASANGAN

1. Setelah komponen-komponen kopling diperiksa dan dibesihkan maka langkah selanjutnya adalah memasang kopling pada kedudukannya semula. Caranya :
2. Persiapkan alat dan bahan.
3. Letakan kopling pada rumah kopling.
4. Pada saat pemasangan kopling pembatas atau paret harus mengarah.
5. Pasang rumah kopling beserta kopling pada flywheel.
6. Pasang kembali baut-bautnya pada penahan rumah kopling secara berurutan.
7. Stel kopling.
8. Setelah di stel maka kencangkan semua baut.
9. Pasang kembali transmisi pada blok silinder.
10. Apabila pada saat pemasangan transmisi pada blok silinder mengalami kesusahan maka sebaiknya transmisi harus di goyang-goyang agar transmisi dapat masuk.
11. Pasang baut penahan.
12. Kencangkan baut penahan.
13. Lepaskan jack penahan blok silinder.
14. Besihkan tempat kerja.
15. Berekan kunci-kunci yang telah digunakan.

Laporkan Hasil Pekerjaan.


0 komentar:

Posting Komentar